Beranda > Seputar Kluwung.com > Kerajinan Topeng

Kerajinan Topeng

Topeng hiasan kayu, kerajinan kayu

Topeng hiasan fiber

Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Topeng telah digunakan sejak jaman dahulu untuk upacara. Sejarah mengatakan, 5 Abad sebelum sebelum masehi, topeng telah dipergunakan dalam drama Yunani Purba. Topeng-topeng tersebut merupakan gambaran watak dan ekspresi yang harus dijiwai para pemain drama.

Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian besar masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur.

Biasanya topeng dipakai dalam kesenian tari daerah atau untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk

topeng hiasan kayu

topeng hiasan kayu

menghormati sesembahan atau memperjelas watak peran dalam mengiringi kesenian yang dimainkan. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang mengambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.

Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah

topeng koleksi

topeng koleksi

satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.

dikutip dari  id.wikipedia.org

  1. Oktober 17, 2009 pukul 11:49

    Wah emang harus kita lestarikan warisan nenek moyang kita, tinggal kita tunggu apa warisan kakek moyang kita 😀

  2. Oktober 19, 2009 pukul 19:06

    iya saya kira warisan kesenian ini patut kita lestarikan, karena kekhawatiran mulai muncul disaat ini dimana budaya dan kesenian barat secara tidak sadar sudah lebih dahulu dikenal anak kita daripada kesenian/budaya indonesia sendiri. Saya berharap pemerintah agar lebih perhatian terhadap hal ini.

  3. ipha
    Februari 1, 2010 pukul 07:31

    saya ada pr untuk mencari macam seni rupa terapan yang ada di jatim. karena itu, saya mohon untuk di taruh di blog ini. maaf merepotkan. tapi kalau bisa secepatnya. sekalian dengan ciri khasnya

  4. Februari 9, 2012 pukul 19:40

    bisa membuat topengnya slipknot apa enggak?

    • Juli 7, 2012 pukul 04:25

      Maaf, untuk permintaan Anda belum bisa kami penuhi saat ini
      Mungkin Jika Anda ada contoh design topeng yang Anda minta kami akan pertimbangkan.
      Terima kasih telah bertanya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar